Sertifikasi ISO 14001:2015 - Sistem Manajemen Lingkungan

Sertifikasi ISO 14001:2015 - Sistem Manajemen Lingkungan



Jasa Sertifikasi ISO - ISO 14001 adalah standar internasional yang menentukan persyaratan untuk pendekatan manajemen yang terstruktur untuk perlindungan lingkungan. Standar internasional ISO 14001 ini merupakan standar lingkungan yang dapat dipergunakan oleh organisasi atau perusahaan yang ingin menerapkan, mempertahankan, dan menyempurnakan sistem manajemen lingkungannya.
Menurut wikipedia indonesia ISO 14001 merupakan kumpulan standar - standar terkait pengelolaan lingkungan yang disusun untuk membantu organisasi agar dapat meminimalisir dampak negatif kegiatan - kegiatan atau proses dan semisalnya terhadap lingkungan, seperti halnya yang mengakibatkan dan menimbulkan perubahan lingkungan yang merugikan baik terhadap pencemaran udara, pencemaran air maupun pencemaran tanah. mematuhi peraturan perundangan-undangan dan persyaratan-persyaratan berorientasi lingkungan yang berlaku serta memperbaiki hal-hal di atas secara berkelanjutan.

Siapa yang dapat menggunakan ISO 14001

Bagi Perusahaan atau organisasi yang ingin mempunyai sistem manajemen lingkungan menjadi lebih baik dan telah ditetapkan oleh Standar Internasional ini dan berusaha untuk memenuhi persyaratan yang telah diatur dan sesuai dengan hukum yang berlaku.
Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 ini bisa diterapkan di seluruh organisasi maupun perusahaan tanpa melihat besar atau kecilnya perusahaan tersebut dan letak geografis atau lokasi organisasi/perusahaan anda berada. Standar ini bisa digunakan oleh organisasi/perusahaan yang mau membuktikan kepada pihak lain atas kesesuaian sistem manajemen lingkungannya dengan standar yang ada serta mendapatkan Sertifikat ISO 14001.

  • Mengurangi Cost; Perbaikan dalam penerapan ISO 14001 akan dituntut secara terus menerus dalam perbaikan sistem, maka dari itu penetapan obyektif perbaikan tersebut akan sangat membantu serta mendorong penggunaan bahan baku mentah menjadi lebih efisian dan dapat mengurangi biaya secara signifikan 
  • Mengatur akan kepatuhan terhadap hukum yang berlaku; dalam ISO 14001 akan membantu mengurangi upaya yang dibutuhkan dan dapat mengatur kepatuhan terhadap hukum dan manajemen resiko lingkungan yang di lakukan oleh perusahaan atau organisasi serta mengurangi risiko insiden pada lingkungan
  • Mampu mengurangi duplikasi sistem; ISO 14001 bisa digabungkan dengan sistem manajemen mutu ISO 9001, sistem manajemen kesehatan dan keselamatan ISO 45001 (OHSAS 18001) dan sistem manajemen yang lain, dan akan menjadi sebuah sistem bisnis tunggal yang mampu mengurangi duplikasi dan biaya. 
  • Mengelola reputasi, sertifikasi ISO 14001 mampu membantu mengurangi resiko yang dapat merusak reputasi organisasi maupun perusahaan dan dapat membantu mengurangi biaya serta dapat membangun citra organisasi terhadap klien serta meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja
  • Menjadi pemasok serta menambah manfaat kompetitif; Dalam ISO 14001 Organisasi maupun perusahaan yang anda kelola akan mempunyai kesempatan untuk bekerja sama dengan perusahaan lain yang juga mempunyai komitmen dan visi yang sama serta ramah terhadap lingkungan. 
  • Kemudahan integrasi Sistem; berbasis sistem manajemen, ISO 14001 ini didukung oleh siklus "PDCA (Plan Do Check Act)' sama dengan standar sistem manajemen lain yang bisa digabungkan dengan sistem manajemen mutu ISO 9001, sistem manajemen kesehatan dan keselamatan ISO 45001 (OHSAS 18001) dan sistem manajemen yang lain

Baca Juga : Sertifikasi OHSAS 18001

No comments:

Post a Comment